APA KEGUNAAN DAN FAEDAH BELAJAR TAUHID TASHAWUF.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjawab pertanyaan dari Seseorang, Kebetulan Salah satu Santri Dayah ternama di ACEH,Dengan Katanya"Untuk apa sih belajar Ilmu Thariqat/tauhid Tashawuf(Ilmu Kesufian) ???
Dan Apakah Diwajibkan bagi kita untuk mempelajari Ilmu Tersebut..??
Jadi, Kegunaan dan Faedah belajar Ilmu tauhid Tashawuf Adalah,
Yang PERTAMA Untuk menghilangkan Khabar Khabar Nafsu dan khatar khatar Hati.
Khabar Nafsu yaitu Keinginan kepada selain Allah.
Dan yang dimaksud Dgan Khatar Hati Adalah teringat Selain Allah.
Karena kita Menyakini sesuai Dgan 'AQIDAH kita Bahwa tidak Ada yang mendatangkan manfaat dan menolak mudharat kecuali ALLAH,dan tidak ada yang paling dekat Selain Allah.Adapun Ajaran Tauhid Tashawuf Untuk dapat Merasakan dan menetapkan didalam kita sesuai dengan 'aqidah dan keimanan kita(MENGAMALKAN 'AQIDAH).
Yang KEDUA,Kita dapat berkhidmat baik,yaitu melayani/bagus Gaul dengan Allah,Bani Adam dan Makhluk lainnya,Karena Khidmat kita adalah untuk menyenangkan orang lain dengan tidak ada aghradh(maksud diri)Dan a'wadh(imbalan diri) Sebab bergaul dengan Kasih Sayang,Dengan demikian kita bisa Hidup dimana mana dan Berteman Dgan siapa saja,Maka dunia lapang,tidak sempit dalam pandangannya (yaitu Pandangan Orang orang yang Bertashawuf).
Yang KETIGA,Kita senantiasa Bermuraqabah dengan membaguskan 'ubudiyah dan memelihara batas dengan ikhlas dan melihat kekurangan dan Penyakit Nafsu pada diri sendiri,dan merendahkan sayap ketika melihat keuzuran teman dengan tidak melihat kesalahannya..Artinya wate Ngon Peugoet salah Geutanyoe cepat memaafkan nya...Hana Cok Keudendam...
Maka Dengan Demikian kita Dapat menjaga dan memelihara kehidupan kita DIDUNIA ini..

Mampukah kita Mendzahirkan Sifat Kasih Sayang sesama MANUSIA jika Kita Tidak mau mengikuti atau Mempelajari Ilmu Kesufian ...????
Wajib Hukumnya bagi Umat Islam Untuk mempelajari Ilmu Kesufian (ilmu Thariqat) buka Kitap Siyarussalikin Jilid 3 halaman 200.

والله أعلم بالصواب




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nazam "ABUYA SYEKH MUDA WALY AL KHALIDY"

MATI SEBELUM MATI.(MUWTU QABLA ANTA MUWTU)

PENJELASAN DHAMIR HUWA DALAM SURAT AL-IKHLAS.